Inspirational journeys

Follow the stories of academics and their research expeditions

Value & Variable Dart

Kurnia Andi Nugroho

Sun, 08 Sep 2024

Value & Variable Dart
  1. var

Jika kita kembali mengingat pada pelajaran sebelumnya tentang type data, maka kita akan di ingatkan juga tentang variabel, didalam dart, banyak cara dalam penulisan variable, dan salah satu cara yang sederhana dalam mendefinisikan variable adalah menggunakan var. Contoh penerapan var bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

message ini merupakan nama variable yang kita definisikan menggunakan var kemudian setiap variable pasti memiliki value, value pada gambar diatas adalah type data yang mempunyai jenis String yaiitu Hello, AndroidCorners .

  1. const

Jika sebelumnya kita mendefinisikan sebuah variable menggunakan var, kali ini kita juga mendefinisikan varible menggunakan const, setiap value/nilai yang terdapat didalam conts nilainya tidak bisa di rubah / di asign. constadalah singkatan dari "constant". Berikut contoh penerapan const.

Terdapat pesan Error: Can't assign to the const variable 'name'. name = "Andi"; maksudnya, variable name yang nilai awalnya adalah kurnia jika kita asign, maka tidak berfungsi jika diterapkan terhadap const. Penerapan const bisa diimplementasikan terhadapa setiap nilai yang bersifat tetap, seperti pada nilai angka decimal ataupun non decimal, dan juga bisa diterapkan terhadap operasi aritmatika.

0 Comments

Leave a comment

Categories

Recent posts

Variable | React Native

Sun, 29 Oct 2023

Variable | React Native
Type Data | React Native

Mon, 16 Oct 2023

Type Data | React Native
Value & Variable Dart

Mon, 09 Oct 2023

Value & Variable Dart