Inspirational journeys

Follow the stories of academics and their research expeditions

Operator, Function, OOP, Decision Making, Looping Dalam Flutter

Kurnia Andi Nugroho

Tue, 17 Sep 2024

Operator, Function, OOP, Decision Making, Looping Dalam Flutter
  1. Operator
  2. Komputer merupakan salah satu perangkat yang sangat pintar dalam perhitungan bilangan seperti perkalian, pembagian, penambahan, pengurangan dst. Didalam flutter juga terdapat operator yang bisa kita gunakan untuk pemberian nilai.

    Dart memiliki beberapa sintaks assigment untuk menangani proses aritmatika, berikut teman-teman bisa melihat daftar operator yang terdapat dalam dart pada tabel berikut ini:


    Berikut sedikit contoh penggunaan operator penjumlahan menggunakan flutter dartpad IDE:

    1. Function

    Fungsi adalah sekelompok pernyataan yang bertujuan untuk melakukan tugas tertentu, contoh kecil seperti pada bab operator di atas, kita membuat sebuah fungsi untuk mendapatkan nilai dari hasil penjumlahan dengan menggunakan operator +=. Atau bisa melihat detailnya seperti pada gambar dibawah ini:

    Pada gambar diatas, kita bisa melihat beberapa fungsi yang terdapat didalam void main mulaii dari pendefinisian nilai dengan menggunakan type data integer int dan fungsi perkalian menggunakan operator *= dan di akhiri dengan fungsi print yang bertujuan untuk menampiilkan hasil ke dalam console dartpad. Itulah skema singkat penjelasan dari fungsi yang bisa kita fahami dengan logika yang sederhana.

    1. Object Oriented Programming

    Dart adalah bahasa berorientasi objek. Ini mendukung fitur pemrograman berorientasi objek yang didalmnya juga mencakup seperti Class, Interface, dll. Definisi didalam sebuah class, mencakup beberapa hal berikut ini:


    1. Pengambilan Keputusan dan Perulangan

    A. Decision Making

    Pengambilan keputusan, atau istilah keren nya adalah decision making. Bertujuan untuk mendapatkan sebuah nilai dari beberapa kondisi sebelumnya, contoh implementasi daripada decision making adalah penerapan if else. Berikut contoh kecil penerapan if else.

    B. Looping

    Dart mempunya beberapa metode perulangan yang bisa dimanfaatkan dalam menampilkan data yang lebih dari 1 secara singkat. Dalam hal ini terdapat beberapa cara seperti menggunakan for, dan juga map. Implementasinya bisa dilihat seperti pada contoh gambar berikut ini:

    Diatas merupakan contoh perulangan menggunakan for. seperti pada umumnya, kita harus mendeklarasikan nilai yang akan ditampilkan kedalam variable, pada contoh diatas kami menggunakan variable dengan nama daftarMinat yang didalamnya terdapat beberapa data koleksi yaitu 'Flutter', 'Kotlin', 'Ionic', 'Framework7'. Semua data koleksi tersebut bisa ditampilkan dengan menggunakan satu fungsi yang diusebut perulangan dengan memanfaatkan syntax for.

0 Comments

Leave a comment

Categories

Recent posts

Variable | React Native

Sun, 29 Oct 2023

Variable | React Native
Type Data | React Native

Mon, 16 Oct 2023

Type Data | React Native
Value & Variable Dart

Mon, 09 Oct 2023

Value & Variable Dart