Inspirational journeys

Follow the stories of academics and their research expeditions

Dart Array & Maps

Kurnia Andi Nugroho

Tue, 17 Sep 2024

Dart Array & Maps
  1. Array
  2. Jika berbicara dengan programming, pasti kita tidak asing lagi dengan istilah array, apasih yang dimaksud dengan array ? array bisa juga diartikan dengan nama variable yang bisa menampung lebih dari satu data. Setiap array dimulai dengan index dengan nomor 0. Penulisan bakunya, dalam pengisian array harus sesuai dengan type data-nya. Bagaimana? bingung kan wkwkwk oke langsung kita praktek-kan seperti pada gambar dibawah inI:

    Pada gambar diatas, kita mempunyai variable dengan nama kelasAndi dengan type data integer. Kemudian variable tersebut mempunyai data array sesuai dengan type data integer, yaitu bilangan decimal yang berada pada kotak merah seperti pada gambar. Nah angka tersebut merupakan nilai dari array. Perlu diketahui, dalam penulisan array harus diawali dengan menambahkan kurung siku dan juga di akhiri kurung siku. Kemudian pada baris kode nomor 9, kami menambahkan fungsi print untuk menampilkan data array yang terdapat pada variable kelasAndi kedalam console.

    Yang jadii pertanyaan adalah, bagaimana cara menampilkan data yang di inginkan saja ? misal saya ingin menampilkan satu data dari ribuan data yang tersimpan dalam satu array, maka bisa menggunakan cara seperti pada gambar dibawah ini:

    Sesuai penjelasan awal tadi, bahwasannya urutan index data array adalah dimulai angka 0. Maka ketika kita memasukkan nama variable disertai dengan urutan index data array, maka data yang ditampilkan sesuai dengan urutan data tersebut. Seperti contoh diatas, kami melakukan print dengan nama variable disertai dengan urutan data nomor dua, maka yang tampil adalah angka 9 karena angka 9 merupakan urutan index nomor dua.

    1. Maps

    Berbeda dengan array, maps juga merupakan vvariable yang bisa menampung beberapa data sesuai type data tapi perbedaannya adalah, maps mempunyai key/kunci untuk mengakses data tersebut. Langsung saja kita lihat pada contoh berikut:

    Penulisan baku antara array dan juga maps hampir sama, yang jadi pembeda adalah jika setelah nama variable pada array menggunakan kurung siiku, lain halnya pada maps menggunakan kurung kurawal dan diikuti dengankey dan juga value key tersebut. Oke, pada gambar diatas terutama pada kotak merah pertama, kami membuat variable namaBulan, penulisan kode seperti ini berlaku pada sebuah data yang mana kita sudah mengetahui kunci dan juga mengetahui value data tersebut.

    Sedangkan pada kotak merah yang ke-dua/ bawah, penulisan seperti itu bisa digunakan jika kita belum mengetahui key atau value data nya.

0 Comments

Leave a comment

Categories

Recent posts

Variable | React Native

Sun, 29 Oct 2023

Variable | React Native
Type Data | React Native

Mon, 16 Oct 2023

Type Data | React Native
Value & Variable Dart

Mon, 09 Oct 2023

Value & Variable Dart